-->

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot

Hallo sahabat semua, Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot. Ingin sesekali menikmati sedapnya hasil masakan sendiri bukan? atau juga memasak sendiri buat orang tercinta. Yuk cobain memasak sajian resep ini dirumah dengan bahan dasar yang mudah di dapat. Pasti penasaran kan dengan bumbu apa saja yang digunakan dan bagaimana cara membuat masakan rumahan yang sederhana menjadi masakan yang sedap dan lezat? Simak sajian resep masakan lengkapnya di bawah ini dan jangan lupa untuk “LIKE” dan “SHARE” ya.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot

Print Friendly and PDF
Balur daging dengan buah nanas dan daun pepaya

Balur dengan buah nanas

Caranya yaitu, haluskan buah nanas yang masih muda, jangan gunakan nanas yang sudah matang apalagi pakai selai nanas. Gunakan nanas yang masih muda, kemudian haluskan dengan cara perut atau blender. Setelah nanas tersebut halus, balur hingga menutupi daging sapi. Dan perlu diingat bahwa daging sapi yang dibalur dengan nanas ini daging sapi yang masih mentah alias belum dimasak, jadi caranya daging sapi mentah jangan dipotong potong dahulu, biarkan masih gelondongan, cukup kita cuci saja hingga bersih kemudian balur pakai nanas yang sudah dihaluskan hingga tertutupu semuanya. Diamkan hingga 20 sampai 30 menit. Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan bahan bahan atau bumbu bumbu yang lain. Setelah daging sapi tersebut terbalur dan didiamkan, cuci bersih hingga tidak berbau nanas.

Balut dengan daun pepaya

Cara yang kedua yaitu dengan membalut daging sapi menggunakan daun pepaya. Cara inilah yang paling sering digunakan oleh orang tua orang tua dari jaman dahulu. Karena daun pepaya mudah didapat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli daun pepaya. Terkadang kita tinggal minta saja sama tetangga sebelah yang punya pohon pepaya. Caranya sedikit berbeda dengan membalur pakai nanas, kalau menggunakan daun pepaya, daging dicuci bersih kemudian beri bumbu dahulu, bumbu yang digunakan bisa menggunakan bumbu halus sama seperti bumbu untuk memasak rendang. Jadi daging sapi tersebut diolesi bumbu terlebih dahulu hingga rata ke seluruh permukaan daging sapi, setelah itu balut dengan  daun pepaya. Diamkan selama lebih dari 45 menit. Selagi menunggu, Anda bisa menyiapkan bahan bahan dan bumbu yang lainnya.


Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot
Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot



Bahan-bahan:
  • 1 kg daging sapi segar
  • 3 buah kelapa tua, parut atau giling, kemudian peras dan ambil santannya saja
  • 8 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 7 buah cabai merah ukuran besar
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 biji asam kandis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 3 sendok makan minyak goreng

Haluskan bahan bahan di atas yaitu: Bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, jahe, kunyit, merica bubuk, asam kandis, kemiri, jinten, dan ketumbar.


Cara Membuat Rendang Daging Sapi:

  1. Setelah daging sapi dibalur pakai nanas atau dibalut dengan daun pepaya, panaskan air pada panci kemudian masak daging sapi hingga cukup empuk. Setetlah itu angkat dan tiriskan kemudian potong kotak kotak sebesar sesuai selera
  2. Panaskan minyak pada wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, gunakan api sedang saja, tumis hingga berbau harum
  3. Setelah bumbu halus sudah berbau harum, masukkan daun salam dan daun jeruk sambil dioseng oseng
  4. Kecilkan api terlebih dahulu, lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong potong.
  5. Segera tuangkan air secukupnya sebagai kuahnya
  6. Tambahkan santan, kemudian masak menggunakan api sedang
  7. Tambahkan gula dan garam. Aduk hingga semua bumbu merata. Cicipi apakah rasanya sudah pas atau belum, jika dianggap kurang, Anda bisa menambahkan sedikit garam atau gula. Namun jika terlalu asin, Anda bisa menambahkan air.
  8. Sambil diaduk aduk, tunggu hingga airnya menyusut dan kuah berminyak serta daging benar benar matang


Demikian Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot.
Bagaimana, cukup mudah kan? Yuk segera di praktekkan dirumah untuk hidangan keluarga di rumah yang tercinta. Mudah-mudahan resep masakan di atas bisa menjadi menu kesukaan anda dan keluarga. Selamat mencobanya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Tidak Alot dan artikel ini url permalinknya adalah https://seputarmasakannusantara.blogspot.com/2019/11/resep-cara-membuat-rendang-daging-sapi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Tulis di komentar jika ingin request resep masakan yang lain. Terima kasih.

Resep Masakan Terkait

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter